Penyakit berbasis lingkungan adalah masalah kesehatan yg paling besar di masyarakat, tercermin dari tingginya angka kesakitan penyakit berbasis lingkungan di masyarakat. Tingginya angka kesakitan tersebut disebabkan oleh buruknya sanitasi didalam masyarakat teruma air`bersih & sanitasinya, rendahnya kebiasaan untuk melakukan PHBS, kurangnya hygienis dalam pengolahan makanan serta buruknya penatalaksanaan kegiatan tentang kesehatan & keselamatan kerja. 

Menurut HL. Blum aspek lingkungan & tingkah laku masyarakat memiliki pengaruh paling besar pada status kesehatan, di samping hal layanan kesehatan. Untuk itu pencegahan & pengendalian penyakit-penyakit tersebut harus lewat upaya perbaikan lingkungan / sanitasi & perubahan perilaku ke arah yg lebih baik. 
Klinik sanitasi ialah satu buah cara dalam mengatasi masalah kesehatan lingkungan untuk pencegahan & pengendalian penyakit dengan melakukan bimbingan, penyuluhan & pertolongan teknis dari Pegawai puskesmas, namun bukan yang merupakan satuan layanan yg berdiri sendiri tapi juga sebagai bidang integral dari aktivitas puskesmas. 
Pegawai sanitasi juga sebagai pengelola klinik sanitasi dituntut memiliki wawasan & ketrampilan dalam menunjang menemukan masalah lingkungan yg menyangkut bersama penyakit yang tidak sedikit diderita warga maka di inginkan mereka bakal berperan dalam upaya memutuskan rantai penularan penyakit. 

0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Seminar Nasional 2015 © 2015. All Rights Reserved || Design By IndonesianIT
Top